Proyek Infrastruktur Dari Anggaran Dana Desa Tahap I, Mulai Di Kerjakan

  • Jul 15, 2020
  • prampelan

Editor : Gus Wawan Demak - Adanya Dana Desa (DD) seperti sekarang ini,tentu membuat roda pembangunan mengalami percepatan dibandingkan dengan pada zaman 10 tahun lalu,dimana saat itu Desa di Indonesia hanya mengandalkan Asli Pendapatan Desa (PAD) saja. Prampelan,salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan sayung,kabupaten demak misalnya,dengan adanya DD, yang dahulu tertinggal kini mulai mengalami perubahan total,karena selain lapangan,gedung olahraga, dua tahun kedepan sebagai target dari kepala desa sendiri seperti jalan,talud bisa selesai sebelum dirinya purna.

Keluarnya DD tahap pertama,Kepala Desa Prampelan langsung melakukan pembangunan beberapa titik yang sudah masuk dalam APBDes ,selain pembangunan Rabat beton di dua RW yaitu 3 dan 4, anggaran juga di prioritaskan untuk membangun jembatan yang berada di RW 2.

Selain pengerjaan dengan cara padat karya,jumlah anggaran per satu titik pun diterangkan secara detail oleh Kepala Desa Subkhan. " Untuk anggaran rabat beton di dua RW yaitu 3 sama 4,maaing-masing Rp.100.000.000,terus ada satu lagi yaitu jembatan yang di RW2 sebesar Rp. 30.000.000," ungkap Subkhan,Rabu (15/7/2020). Selain menjelaskan jumlah anggaran,dirinya juga menerangkan secara detail terkait spesifikasi volume bangunan tersebut.

" "untuk rabat beton di RW 3 mempunyai panjang 95m,lebar 4m,tebal 15cm,ditambah lagi urugan bahu jalan, sedangkan untuk RW 4 sama dengan RW 3 cuma di RW4 bedanya dipanjangnya yaitu 110m,karena tampa urugan," ungkap Subkhan Ditanya siapa yang mengerjakan proyek desa tersebut,Kades menambahkan semua proyek DD dikerjakan oleh TPK Desa yang dikerjakan bersama warga setempat.

" Untuk pekerjaan DD bisa di cek langsung,semua yang mengerjakan TPK yang terdiri Eko Wahyono, Junaedi, Sukarni,Sakdullah danĀ  agar hasil maksimal, masyarakat silahkan juga bisa mengawasi langsung," pungkasnya